Featured

MELIHAT JOGJA DARI KETINGGIAN HUTAN PINUS PENGGER

by - Januari 11, 2020


Jika datang ke Jogja dan mau berkelana dari pagi untuk melihat Jogja dari ketinggian, tidak melulu harus ke Kaliurang atau lereng Gunung Merapi kok. Coba deh untuk datang ke Hutan Pinus Pengger. Tempat ini tidak jauh dari Hutan Pinus Dlingo dan Bukit Bintang. Perjalanan bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta.

Tempat wisata suasana hutan pinus dengan lembah-lembah ini buka setiap harinya dari jam 8 pagi hingga 6 sore. Jika beruntung dan tidak mendung, kamu bisa melihat sunset di sini, karena menghadap langsung ke arah barat.

Baca: Lor, Kidul, Kulon, Wetan: Logika Navigasi Sederhana di Jogja


Pada awal Januari, saya bersama 2 teman saya, yakni Plateces (Kicay  dan Sarah) mengunjungi Hutan Pinus Pengger setelah megunjungi Kebun Buah Mangunan yang sudah ramai dari pukul 5 Pagi. Tapi karena cukup cepat kami bergegas ke Hutan Pinus Pengger, pada pukul 7 pagi, tempat tersebut belum dibuka.

Kami memutuskan untuk mengisi perut dengan sarapan di beberapa penjaja makanan di seberang Hutan Pinus Pengger.

Suasana taman jajan yang ada di dalam Hutan Pinus Pengger yang belum buka.

Nahasnya, ternyata tempat makanan tersebut juga baru persiapan buka, dan hanya tersedia beberapa makanan saja. Kondisi hujan juga memaksa kami tak bisa kemana-mana.

Setelah buka, Hutan Pinus Pengger bisa dikunjungi dengan harga parkir motor Rp2 ribu dan Rp5 ribu per orang untuk masuk.



Di dalam Hutan Pinus Pengger kami melihat ada beberapa spot cantik untuk berswafoto. Mulai dari rajutan jati hingga anjungan di tepi lembah.

Ada pula di dalamnya tempat-tempat penjual makanan yang bisa dikunjugi, dan dicoba cita rasanya. Tapi berdasarkan pantauan kami, tempat makanan tersebut baru buka sekitar pukul 10 atau 11.

jalan akses menuju tempat makan di dalam hutan pinus pengger. memiliki jalan setapak bebatuan dengan pagar kayu-kayu jati, dan dikelilingi pohon-pohon pinus yang tinggi menjulang
Bagi kamu yang ingin berkunjung pada musim hujan, diharapkan membawa payung, mantel hujan (jika naik motor), dan menggunakan alas kaki yang tidak gampang licin, ya. Tidak usah pula membawa budget banyak-banyak, karena makanan di sini dan aksesnya murah.

Jika untuk mengisi bensin untuk persiapannya silahkan isi dari tempat terdekat penginapanmu atau bisa di Dlingo, Imogiri, atau Piyungan, karena tempat isi bensin sangat jauh dari sini.

Oh ya, jangan lupa ya follow akun travel Instagram rekan saya di @plateces

You May Also Like

0 komentar