Featured

CARA MUDAH TRAVELING KE PULAU MERAK BESAR DAN KECIL

by - September 01, 2019

cara mudah traveling ke pulau merak besar dan kecil
Credit photo: Sarah Elizabeth

Kalau ke Merak biasanya identik dengan kapal penyeberangan Pulau Jawa dan Sumatera. Tapi tahukah kamu kalau ada 2 pulau kecil yang berada di dekat Pelabuhan Merak? Pulau tersebut adalah Pulau Merak Besar dan Pulau Merak kecil dan bisa diakses untuk wisata. Kalau kamu ingin traveling ke Pulau Merak Besar dan Pulau Merak Kecil dari Jakarta, scroll terus untuk membaca cara mudah travelingnya.

Naik KRL (Commuter Line) Tujuan Rangkasbitung


Dari stasiun KRL terdekatmu, ambillah rute menuju Rangkasbitung. Rute ini adalah line yang berawal dari Tanah Abang, jadi jika stasiunmu berada di luar daerah tersebut daripada memakan waktu naiklah dari Stasiun Abang atau dari stasiun-stasiun yang dilalui line tersebut.

Untuk mengetahui jadwal KRL dari Tanah Abang menuju Rangkasbitung maupun sebaliknya, kamu bisa menggunakan keyword di Google "KRL dari (nama stasiunmu) menuju (stasiun tujuan). Kamu juga bisa mengakses rute KRL Tanah Abang-Rangkasbitung PP di sini.

Harga dari Tanah Abang menuju Rangkasbitung harganya sekitar Rp6 ribu.

Naik Kereta Api Lokal Rangkasbitung ke Merak

teman traveling saya, Yoman sedang berpose di kaca jendela kereta api lokal menuju merak

Setelah tiba di stasiun Rangkasbitung, segeralah menuju pintu keluar stasiun KRL dan masuk ke loket kereta api lokal untuk membeli kereta yang bisa dipesan langsung. Enaknya dari kereta api lokal dibandingkan dengan kereta api biasanya adalah kamu bebas menentukan pilihan tempat duduk, dengan resiko bakal berebut jika penuh.

Baca Juga: Backpackeran ke Geopark Ciletuh

Harga kereta api lokal dari Rangkasbitung ke Merak maupun sebaliknya harganya adalah Rp3 ribu rupiah dengan durasi perjalanan kurang lebih 2 jam.
foto saya berdiri di gang keluar stasiun merak

Kereta api lokal berbeda dengan KRL, tidak setiap saat ada. Ada jadwal sendiri untuk KA lokal yang selisih waktunya sangat lama. Cocokan jadwal keberangkatan KA lokal dengan KRL kamu di sini.

Angkot Menuju Dermaga


Sesampai di Stasiun Merak, jangan sampai terlena dengan akses keluar yang malah membuatmu jadi masuk ke Pelabuhan Merak. Pintu keluar Stasiun Merak berlawanan dengan pintu yang naik menuju jembatan ke pelabuhan.

Setelah keluar dari stasiun, naiklah angkot warna merah menuju dermaga penyeberangan ke Pulau Merak dengan harga Rp3000.

Dalam perjalanan kami, angkot merah tidak sulit ditemukan jika sudah keluar dari gang stasiun. Jangan lupa 'tembak' harga ke supir angkotnya agar tidak dimain-mainkan harganya.

Perahu Menuju Pulau Merak Besar dan Pulau Merak Kecil

dari kiri ke kanan, kicay, saya, dan yoman sedang asik ngobrol di atas perahu untuk traveling ke pulau merak besar.

2 pulau ini tidak jauh dari Pulau Jawa sebenarnya, tapi Pulau Merak Kecil terlalu dekat dengan dermaga sehingga melihatnya cukup berenang saja mungkin bisa sampai.

Tapi jika ingin berkemah, disarankan berkemahlah di Pulau Merak Besar, karena lokasinya yang cukup jauh dan masih berselimut pepohonan. Tapi berhati-hatilah, baik di Pulau Merak Besar maupun Kecil ada monyet yang bisa mencuri perbekalan kalian. Pulau Merak Kecil hanya memiliki 2 ekor monyet, sedangkan Pulau Merak Besar ada ratusan monyet ditambah adanya makam orang suci di masa lalu.

Sebelum naik perahu untuk kemah, bapak-bapak di dermaga akan menggoda kami kalau di sana ada jurig (hantu). Walaupun memang seram jika dilihat-lihat karena banyak pepohonan, tidak perlu khawatir akan jurignya karena pulau ini selalu disinari lampu pelabuhan yang sibuk semalaman, yang perlu dikhawatirkan adalah monyetnya (dan nyamuk tentunya).

foto saya membelakangi dua teman saya (Kicay dan Sarah) di pantai pulau Merak Besar.
Menjadi mosquito~

Dari dermaga ke Pulau Merak Besar dan Merak Kecil memiliki harga transportasi yang berbeda. Untuk Pulau Merak Kecil jika hanya berkunjung tanpa kemah hanya Rp15 ribu, sedangkan untuk berkemah harganya Rp25 ribu. Kalau Pulau Merak Besar jika hanya berkunjung tanpa kemah hanya Rp25 ribu, dan untuk harga bila berkemah jadi Rp45 ribu.

Jika berkemah pastikan menyimpan kontak nelayannya, agar bisa menjemputmu saat pulang keesokan harinya.


Kira-kira beginilah rincian dari rencana traveling menuju Pulau Merak Kecil dan Pulau Merak Besar. Budgetnya dibawah 100.000 kok. Selamat liburan!


Akomodasi Dana Keterangan
Berangkat

KRL (Rawabuntu-Rangkasbitung)  Rp6.000 Berangkat dari Stasiun Rawabuntu pukul 7.09 (durasi 1,5 jam)
KA Lokal (Rangkasbitung-Merak) Rp3.000 Pukul 9.05 sampai 11.00
Angkot Rp3.000
Dermaga-Merak Besar PP Rp45.000**harga camping opsional
Dermaga-Merak Kecil PP Rp25.000**harga camping opsional
Pulang

Angkot ke StasiunRp3.000
KA Lokal (Merak-Rangkasbitung) Rp 3.000 11.45 sampai 13.44
KRL  (Rangkasbitung-Rawabuntu) Rp 6.000 13.35 sampai 15.00
Total keseluruhan Rp94.000* *bisa dikurangi dengan cukup kemah di salah satu pulau saja.

You May Also Like

0 komentar