Featured

BALI MELULU, GANTI LIBURANMU KE 10 BALI BARU

by - Mei 16, 2019

10 New Bali Project

Teman-teman sudah ada yang ke Bali? Berapa sering kamu ke Bali? Apa pendapatmu mengenai jalanan di Denpasar dan Kuta kini? Macet? Pantai-pantainya udah mainstream semua tidak ada yang baru?

Bali tercatat dikunjungi 6.127.437 wisatawan mancanegara (dilansir dari Gatra.com) dan 9.835.633 wisatawan nusantara (dilansir dari Radar Bali) selama 2018. Total pengunjungnya berarti 15.963.070. Berarti dalam sebulan, Bali dikunjungi sebanyak 1.330.225,83 pengunjung nusantara dan mancanegara. Angka yang cukup banyak dibandingkan jumlah penduduk Bali yang berjumlah sekitar 4,2 juta jiwa (dilansir dari Tribun Bali).

Artinya, sekitar 2 dari 5 orang di Bali dalam sebulan adalah wisatawan. Wow, padat sekali yah Bali.

Maka dari itu, Presiden Joko Widodo, Kementerian Pariwisata, dan Kementerian Perekonomian sudah berencana untuk membuat Proyek 10 Bali Baru (10 New Bali Project). Tujuannya supaya wisatawan tidak selalu ngumpul di Bali terus, menambah pendapatan devisa negara di sektor pariwisata, memngembangkan perekonomian daerah, dan tentunya biar makin variatif wisata Indonesia untuk dikunjungi turis mancanegara.

Nah, kira-kira mana saja sih yang menjadi 10 Bali Baru ini? Yuk, cari tahu dan kunjungi tempat-tempatnya!

1. Danau Toba

10 New Bali Project
Danau Toba 2014

Danau terluas di Indonesia ini berada di Sumatera Utara. Saat ini (2019) Kementerian Pariwisata tengah berfokus pada pembangunan di Danau Toba. Infrastruktur akses ke sana juga sudah ada dan lebih mudah!

Kalau berkunjung, jangan lupa ke Pulau Samosir di tengah-tengah Danau Toba. Di sana kamu akan melihat kebudayaan Sumatera Utara dari rumah adatnya hingga melihat atraksi Sigale-gale.

Baca Juga: PERJALANAN PADANG-MEDAN

2. Tanjung Kelayang

10 New Bali Project
Mercusuarnya dulu bisa dinaiki, sekarang dilarang.

Tempat ini keren banget, berada di gugusan pulau-pulau kecil di Bangka-Belitung. Aksesnya cukup gampang kok dari Tanjung Pandan (Belitung).

Eksotisnya tempat ini banyak batu-batu granit besar yang indah untuk berswafoto.

Baca Juga: BERTANDANG KE RUMAH ANDREA HIRATA

3. Morotai

Sumber: Tribun News

Dari dulu saya ingin sekali ke tempat ini, cuma belum kesampaian. Berada di Pulau Halmahera di Provinsi Maluku Utara. Morotai juga terkenal dengan sejarahnya yang jadi medan tempur perang Pasifik antara Sekutu melawan Jepang!

Kalau berkunjung, jangan lewatkan pengalaman untuk nyelam di sana, guys! Semoga terpesona.

4. Kepulauan Seribu dan Kota Tua

Saya dan Bunda di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Siapa bilang Jakarta tidak asik untuk dikunjungi saat liburan? Ternyata asik juga kok. Kota Tua yang terkenal dengan wisata sejarahnya memang harus dikunjungi, guys. Alasannya, biar kamu tahu bagaimana rasanya era pemerintahan Hindia-Belanda.

Selain Kota Tua, Kepulauan Seribu adalah 'harta terindah' milik Jakarta. Memiliki banyak gugusan-gugusan pulau wisata dan penduduk yang bisa kamu kunjungi dari Muara Angke, Jakarta atau Tanjung Pasir, Tangerang.

5. Borobudur


Kalau boleh ditambahi mah, saya lebih setuju Borobudur dan Prambanan. Karena 2 tempat ini dikelola 2 provinsi sekaligus, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Selain itu tempat ini juga jadi wisata religi dan sejarah mengenai peradaban Hindu-Buddha di nusantara. Kalau bisa, kunjungi saat Waisak, ada upacara penerbangan lentera!

Candi Borobudur pun pernah menjadi bagian 7 keajaiban dunia lho!

6. Tanjung Lesung


Buat kamu yang dari Jakarta, ada wisata alternatif juga selain Kota Tua dan Kepulauan Seribu. Tanjung Lesung jawabannya!

Terletak di Selat Sunda, lebih tepatnya di Banten, memiliki pesona tersendiri buat kamu yang mencari ketenangan dengan keindahan pantainya. Walaupun pernah terjadi tsunami pada akhir 2018 lalu, wisata Tanjung Lesung tak pernah mati untuk dikunjungi.

Baca Juga: TRIP MURAH KE UJUNG KULON 

7. Bromo Tengger Semeru

10 New Bali Project
Ini foto cukup lama banget 2012 😂

Buat cari yang adem-adem, boleh kok berkunjung ke Bromo Tengger Semeru. Lokasinya berada di Jawa Timur dan bisa diakses dengan berbagai transportasi umum. Kalau ke Bromonya, jangan lewatkan untuk bertenda di Puncak B-29, karena di sana kamu akan melihat sunrise yang muncul dari kabut-kabut yang menyelimuti Gunung Bromo.

Gunung Semeru juga pas buat kamu yang suka mendaki. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini memiliki banyak keindahan selama pendakiannya, mulai dari Ranu Pani, Ranu Kumbolo, Kalimati, hingga Puncak Mahameru.

8. Labuan Bajo

10 New Bali Project
Calon mertuamu sedang berada di Labuan Bajo.

Uooooh! Ini jelas-jelas wisata impian sejuta umat, karena keindahan alamnya di gugus pulau-pulaunya seperti, Komodo, Padar dan Rinca. Sayangnya saya hitungannya belum pernah ke sana walaupun pernah ke Flores via kapal ke Labuan Bajo. Tapi menginjakan kaki di Labuan Bajo saja sudah membuat saya senang bukan main, kok.

Labuan Bajo terkenal dengan hewan langkanya dan sudah menjadi signaturenya Indonesia, Komodo. Hewani ini memang dilindungi dan mancanegara lebih menganggapnya sebagai 'Dragon Komodo' atau naga.

Meski begitu, bunda saya (baca: mertua kamu. HIYA HIYA HIYA) pernah jalan-jalan ke sana kok. Jadi adalah aset fotonya untuk impian saya yang nyaris tercapai.

Baca Juga: REJEKI ANAK SOLEH, TRAVELING MURAH KE FLORES

9. Wakatobi

Sumber: www.wakatobi.com

"Walau kini kau ada di Wakatobi, yang jelas-jelas aku di Raja Ampat" -Budi Doremi (Asmara Nusantara)

Jangan dilewatkan wisata bahari ini, karena terumbu karang dan ikan-ikannya menjadi hits dunia untuk lebih dikembangkan pemerintah. Wakatobi yang berada di Sulawesi Tenggara ini juga bisa dikunjungi sebagai wisata budaya juga karena dekat dengan Suku Bajo yang terkenal bisa menyelam tanpa bantuan alat pernapasan.

10. Mandalika

10 New Bali Project
Sini jalan-jalan ke Mandalika, biar kamu kupeluk sambil memandang alam.

Mandalika yang berada di Pulau Lombok, memang dicanang-canangkan sebagai wisata yang harus hits tingkat internasional. Tidak kalah serunya lagi, Mandalika juga dibangun untuk sirkuit MotoGP.

Di sekitar Mandalika ada banyak pantai-pantai indah untuk dikunjungi, seperti Pantai Kuta, dan Bukit Merese. Pantai-pantai ini pokoknya, pas buat mencari ketenangan dan kedamaian diiringi suara ombak.

Baca Juga: BACKPACKERAN KE SURGA (JOGJA-LOMBOK)

***


Bagaimana guys, mau liburan kemana nanti? Semoga buat kamu yang keseringan ke Bali, coba-coba wisata ini ya. Buat kamu yang belum pernah ke Bali, harus coba tempat-tempat ini sebelum kamu rasain Bali. Karena wisata di Indonesia itu indah-indah dan beragam.

Jalan-jalan, yuk!

You May Also Like

0 komentar